Jumat, 07 Oktober 2016

Kenapa Memilih Psikologi?


    Hello , this is my first post on my blog! Hehe. Saya ingin sedikit membagikan pikiran saya , topik dari post saya kali ini adalah 'Why Choose Psychology?'. Ketika SMA kita disuruh memilih ingin masuk ke jurusan apa , i have no idea other than psychology. Saya membaca dan membrowsing semua jurusan yang ada di internet dana saya tidak tertarik dengan jurusan lain. Sebenarnya saya tertarik dengan hal-hal yang berbau sosial seperti: hukum, ilmu sosial dan politik, hubungan internasional, dll. Namun setelah merenung dan berdoa akhirnya saya memutuskan untuk memilih psikologi.

   Why psychology? Ini beberapa alasan , oh bukan alasan tapi tujuan saya ingin mempelajari psikologi.

Pertama , SAYA INGIN MENJADI SUPERHERO. Bukan Superman atau Wonder Woman atau apapun. Saya melihat bahwa dunia semakin lama semakin GILA! Kejahatan dimana-mana bukan hanya kejahatan yang biasa tapi kejahatan yang benar benar gila. Setuju? Pemerkosaan anak oleh ayah kandungnya sendiri, pembunuhan karena hal-hal sepele, membunuh lalu menguburnya di dalam aspal, dan masih banyak kejahatan ekstrim lainnya. Apakah kalian hanya akan duduk diam dan melihat kejahatan-kejahatan semakin parah? Saya NO. Mungkin terdengar tidak relevan ya , namun saya percaya bahwa semua tingkah laku kita, semua perkataan kita berangkat dari otak, berangkat dari mental, berangkat dari dalam. Dimana ada mental dan otak yang sehat , di situ ada perilaku dan perkataan yang baik :)

Mungkin dengan saya menjadi seorang psikolog tidak mengubah dunia kita menjadi jauh lebih baik ,  atau bahkan tidak sama sekali. Tapi saya lebih baik berusaha daripada duduk diam dan menyaksikan semua menjadi lebih buruk. 

Kedua, MANUSIA ADALAH CIPTAAN PALING UNIK. Inilah mengapa saya ingin mempelajari manusia , karena saya ingin mempelajari manusia. Manusia adalah hal yang paling unik di dunia ini. Bagaimana manusia bisa bertingkah laku seperti ini-itu , bagaimana manusia bisa berpikir seperti ini-itu, bagaimana menciptakan ini-itu. Hal tersebut membuat saya terkagum oleh betapa hebatnya kekuatan otak dan mental manusia. Saya lebih tertarik mempelajari manusia daripada memperlajari subjek lain (setiap orang mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda).

Ketiga , SAYA INGIN BERGUNA BAGI ORANG LAIN. Sebenarnya inilah penyebab utama saya ingin menjadi seorang Psikolog. Tujuan dari hidup saya adalah BERGUNA BAGI ORANG LAIN. Itulah tujuan hidup saya. Bukan berarti saya telah berguna. Kadang saya sebagai manusia juga memiliki ego dan keras dalam diri saya. Namun cita-cita saya adalah berguna bagi orang lain.

Ya jadi itulah beberapa tujuan saya ingin menjadi seorang psikolog. Banyak orang yang mencemooh : "Kamu mau kerja apa kuliah psikolog?" , "Kamu mau makan apa nanti?" (Ya nasi lah) , "Nanti masuk RSJ ikut gila kamu" , dkk. Saya bukan tidak mendengarkan kata orang,namun saya lebih fokus untuk melakukan apa yang saya sukai dan saya cita-citakan. Saya memilih psikologi juga sudah mempertimbangkan baik buruknya dan tentu saya sudah menyiapkan plan-plan jika hal-hal yang tidak saya inginkan terjadi. Tujuan dari hidup ini bukan hanya TK-SD-SMP-SMA-Kuliah-Kerja-Menikah-Mati. HARUS ada nilai yang ingin dicapai dalam hidupmu. 

LAKUKAN APA YANG KAMU INGIN LAKUKAN SELAMA ITU BENAR. Do what you like and like what you do. 

XOXO , Stephanie

0 komentar:

Posting Komentar